close
Resep Kue Keju Super Spesial yang Renyah Lumer serta Langkah-langkahnya - 700 resep

Halaman

Sabtu, 15 Juli 2017

Resep Kue Keju Super Spesial yang Renyah Lumer serta Langkah-langkahnya

Resep Kue Keju dan Langkah-langkahnya
Kue Keju atau bahasa gaulnya sering disebut juga dengan kastengel adalah cemilan kue kering yang hadir di rumah-rumah orang Indonesia jika musim hari raya, selain kue keju adapula kue nastar, putri salju. Kue ini biasanya disimpan di meja tamu. Bentuknya yang cantik dan mungil sehingga pas jika disantap sambil mengobrol dengan tamu yang datang berkunjung, selain itu rasanya yang gurih mampu menghipnotis lidah bikin kita tak dapat berhenti mengunyah cemilan ini.

Sebagian orang tidak ingin repot membuat kue kering keju ini lalu biasanya mereka membeli kue yang sudah jadi karena lebih praktis dan menghemat waktu. Namun bagi para bunda maupun penghobi memasak membuat kue keju menjadi salah satu kegiatan menyenangkan pengisi waktu.

Salah satu kelebihan jika membuat kue ini oleh kita sendiri (tanpa membeli) adalah bisa bereksperimen menambahkan bahan-bahan yang tidak terdapat pada resep-resep yang tersedia, bahkan kita bisa bereksperimen dari sisi bentuk dan warnanya. Jangan takut mencoba ya bunda

Membuat Kue Keju sesuai resep memerlukan beberapa alat memasak agar mempermudah, siapkan terlebih dahulu alat-alatnya, yaitu; Oven, Loyang dan Mixer.

Banyak para ibu yang belum menyadari bahwa membuat kue kering keju kastengel cukup mudah dan cepat. Sebelum masuk ke detail bahan-bahan dan cara membuatnya, admin ingatkan untuk memperhatikan proses pengadukan dan keju yang digunakan.


Oke Berikut bahan-bahan yang digunakan:

1. Siapkan 450 Gram Tepung Terigu. Saran: tepung terigu yang memiliki kadar protein rendah ya. Admin terbiasa menggunakan merk kunci biru

2. Siapkan Margarin 100 gram

3. 200 gram mentega tawar. Saran: parutlah lebih dahulu

4. Siapkan baking powder 1 sendok teh

5. Siapkan kuning telur yang diambil dari 3 butir telur

6. Siapkan keju tua jika memungkinkan biasa disebut keju parmesan atau edam lalu diparut

7. Siapkan 1 sendok teh garam yang beryodium

8. Agar lebih gurih siapkan kaldu bumbu ayam sekitar 1 sendok teh

9. Siapkan susu full cream bubuk 50 gram

10. Biasanya admin menyiapkan bahan olesan dari 1 butir kuning telur dan keju cheddar parut sebanyak 70 gram untuk taburan nanti.

Cara membuat kue kering keju yang special dan renyah


1.    Siapkan terlebih dulu wadah (baskom) yang berfungsi buat nampung adonan.

2.    Adonan pertama: Campurkan kedalam baskom 100 gram margarine, 200 gram mentega yang tawar, 1 sdt garam dan kaldu bumbu. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang saja kocok hingga mengembang.

3.    Langkah selanjutnya campur dan masukkan kedalam baskom, kuning telur 3 butir yang telah disiapkan tadi, aduk sampai rata.

4.    Adonan ke-2; Siapkan wadah terpisah, masuk dan campurkan bahan 450 gram terigu dan 50 gram susu full cream, aduk rata lalu ayak.

5.    Masuk dan campurkan adonan ke-2 kedalam adonan pertama, sedikit demi sedikit, aduk perlahan menggunakan tangan ataupun spatula sampai bahan tercampur dengan baik dan sempurna.

6.    Masuk dan campurkan keju 250 gram kedalam adonan. Aduk ratakan semua bahan yang telah tercampur.

7.    Siapkan loyang lalu olesi dengan margarin agar tidak lengket. Cetak adonan sesuai selera admin biasanya berbentuk persegi ukuran 0.8 cm x 5 cm.

8.    Siapkan oven lalu panaskan sampai 170 derajat celcius. Masukan loyang ke dalam oven. Masak panggang kue hingga matang kecoklatan muda.

9.    Bahan toppingnya: siapkan kuning telur cukup diaduk berfungsi sebagai perekat saja.

10.       .Kue yang baru fresh diangkat dari oven kemudian olesi dengan telur yang telah disiapkan, parut keju chedar di atasnya. Tiriskan lalu masukan kedalam toples.

Begitulah bunda cara membuat resep kue Resep Kue Keju Super Spesial yang Renyah Lumer serta Langkah-langkahnya. Pilihlah tepung terigu dan keju yang berkualitas karena akan mempengaruhi rasa dari kue-nya nanti, namun jika tidak memungkinkan sesuaikan dengan budget.

 Jangan lupa untuk bereksperimen ya bun, oh iya selain itu bunda juga bisa menjualnya ke teman-teman terdekat atau kantor.
Baca juga ya:     Resep kue salju
Resep kue nastar empuk


Facebook Twitter Google+
Back To Top