close
CUMI ASIN CABE IJO PETE - 700 resep

Halaman

Kamis, 31 Januari 2019

CUMI ASIN CABE IJO PETE

Bahan:
- 300 gram cumi-cumi asin kering

Bumbu: - 2 sendok makan makan minyak untuk menumis
- 5 butir tomat hijau, potong kasar
-1 ons petai - 7 buah cabai hijau iris serong tipis
- 15  buah cabai rawit hijau, iris serong tipis (sesuaikan dengan selera suka pedas atau tidak ) - 8 butir bawang merah, iris tipis
- 5 butir bawang putih, iris tipis
- 2 cm jahe segar, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas, memarkan

Bumbu lainnya
- 2 sendok makan air asam Jawa ( saya tidak pakai ) - 1 1/2  sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan gula Jawa, sisir halus ( saya ganti gula pasir ) - 1 sendok teh garam
- 300 ml air panas

Siapkan cumi-cumi asin kering, masukkan ke dalam mangkuk, tuangkan air biasa hingga cumi-cumi terendam. Biarkan hingga teksturnya menjadi lunak, biasanya membutuhkan waktu beberapa jam. Remas-remas cumi-cumi sebentar, bilas dengan air bersih beberapa kali. Tiriskan.
Note : karena saya gak kuat mengunyah cumi kering , jadi saya rebus dulu cumi kering nya baru saya rendam , biar lebih empuk dan tidak alot . Kemudian bersihkan isi perut nya, dan buang tintanya.
Siapkan semua bumbu-bumbu. Panaskan wajan, beri kira-kira 2 sendok makan minyak goreng. Panaskan hingga minyak benar-benar panas. Masukkan semua bumbu irisan (tidak termasuk bumbu lainnya) secara sekaligus saja, tumis sambil diaduk-aduk dengan api sedang hingga bumbu dan rempah layu.
Tambahkan saus tiram, gula dan garam, aduk rata dan tumis selama 1 menit. Tambahkan cumi-cumi, petai , aduk rata, dan masak selama 2 menit. Tuangkan air panas, masak dengan api kecil hingga mendidih dan kuah sedikit menyusut. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi panas. Super yummy🤤


resep by. @kedai_kaklong
trimakasih
Sumber http://riffakhasanah-kitchen.blogspot.com
Facebook Twitter Google+
Back To Top